-->

Bacaan Niat dan Doa Melakukan Wudhu'

Bacaan Niat dan Doa Melakukan Wudhu' - Salah satu syarat sahnya sholat, baik itu sholat wajib atau sholat sunnah adalam melakukan wudhu' dengan baik dan benar. Kenapa harus melakukan wudhu' dengan baik dan benar? Karena perbuatan yang dilakaukan ketika wudhu' akan mempengaruhi sholat yang akan dilaksanakan. Jika wudhu' yang dilakukan baik, maka sholatnya juga akan baik. Dan salah satu faktor yang menentukan wudhu' seseorang itu baik adalah dengan niat melakukan wudhu' yang dibarengi dengan bacaan dari niat tersebut

Bacaan Niat dan Doa Melakukan Wudhu'

Bacaan Niat dan Doa Melakukan Wudhu'

Niat tidak hanya sekedar mengucapkan kata-kata niat saja, misalnya "Saya niat melakukan wudhu' sekarang..", bukan seperti itu akan tetapi niat yang benar adalah niat wudhu' seperti bacaan berikut ini:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

"NAWAITUL WUDLUU-A LIRAF’IL HADATSIL ASH-GHARI FARDHLAN LILLAAHI TA’AALA"
Artinya:
"Aku Niat Berwudhu' untuk menghilangkan hadats kecil karena Allah Ta'aala"

Dan setelah selesai melakuan wudhu', dianjurkan untuk membaca do'a setelah melakukan wudhu' seperti bacaan dibawah ini:


اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN 'ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ'ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ'ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA
Artinya:
"Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci. Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepadaMu"

Itulah bacaan niat dan do'a melakukan wudhu' yang wajib diketahui sebelum melaksanakan ibadah sholat. Sedangkan untuk tata cara melakukan wudhu' yang baik dan benar silahkan baca di Etika Seorang Muslim Melakukan Wudhu'

5 comments

Artikel yang bermanfaat Mas...
Saya pun masih sangat membutuhkan artikel-artikel seperti ini...

Jika ada guru ngaji mncari materi ini. ini sangat membantu! Makasih dan salam kkenal

heheee.. iya mas, tapi tidak hanya guru ngaji juga mas.. orang awam seperti saya juga perlu belajar seperti ini :)

terimakasih mas Wahab.. insyaallah akan ada artikel lainnya :)

New Ring of Time | Titanium Wedding bands for men's body
The band of gold is titanium eyeglasses also part of Ring of Time. The band includes a titanium belly button rings custom band with its welding titanium own unique style which was designed and titanium band ring printed by apple watch 6 titanium Tom Horn and